Sejarah dan Fenomena Leak di Pulau Dewata Bali


Jenis hantu satu ini mungkin belum terlalu banyak didengar bagi warga di luar pulau Bali, namun Leak sangat dikenal di Bali.

Menurut mitologi orang Bali, hantu Leak merupakan sosok dari penyihir jahat yang menakutkan. Kata Leak sendiri berasal dari kata Le, yang dalam bahasa Bali berarti jahat.

Jenis hantu satu ini sangat jarang muncul, dimana hanya bisa dilihat oleh dukun pemburu leak di malam hari.

Ketika siang hari, Leak akan berubah wujud menjadi manusia biasa. Sementara ketika malam hari ia akan bergentayangan di sekitaran kuburan untuk mencari organ tubuh manusia yang akan ia gunakan untuk membuat ramuan berbau sihir.

Tak hanya organ tubuh orang meninggal, Leak juga bahkan dipercaya bisa mengambil organ tubuh dari orang yang masih hidup. Mengerikan sekali ya? Tapi faktanya,  ini ‘kurang benar’, mau tahu cerita sebenarnya?



Fakta tentang Leak

Ilmu Leak pada dasarnya adalah ilmu kuno kerohanian yang diwariskan para leluhur Hindu di Bali dengan tujuan baik dan mencari pencerahan lewat aksara suci. Namun ilmu putih bisa menjadi hitam tergantung niat orang yang memilikinya.

Seperti halnya Ilmu Hitam Leak Desti yang dipengaruhi oleh siluman jahat (setan). Desti adalah perwujudan binatang siluman manusia dalam bentuk binatang yang aneh dan seram.

Tingkatan kesaktian ilmu leak ini sebenarnya paling rendah yakni pemiliknya hanya bisa merubah wujudnya dalam bentuk binatang yang aneh dan seram seperti:

Menjadi Lelakut yaitu sejenis kadal yang besar berbadan hitam loreng-loreng, berkepala manusia berwajah seram dan hitam, rambutnya terurai, taringnya panjang, giginya runcing, matanya lebar dan menyala keluar api berwarna hijau, mempunyai ekor panjang warnanya loreng hitam putih.

Menjadi Bebae yaitu sejenis binatang kambing berbulu putih mulus, mempunyai telinga panjang menjulur kebawah sampai menyentuh tanah. Dan masih banyak lagi jenis perwujudan Leak tingkat bawah ini.  (sumber: cerita bali)
Share on Google Plus

About Tribunus Antara

0 komentar:

Posting Komentar