Operasi Intelijen yang Terkenal dan Tersukses, Serangan Mumbai Tahun 2008 (RAW-India)

Lambang RAW
Sekitar 2-6 bulan sebelum serangan Mumbai 26/11, R & AW telah mencegat beberapa panggilan telepon melalui SIGINT, yang menunjuk pada serangan yang akan datang ke Hotel Mumbai oleh teroris yang berbasis di Pakistan, namun terjadi kegagalan koordinasi dan tidak mengikuti Up action diambil. Beberapa jam sebelum serangan tersebut, seorang teknisi RAW memantau transmisi satelit mengambil percakapan antara penyerang dan penangan, saat penyerang tersebut berlayar ke Mumbai.




Tentara India menghadapi serangan teroris di Mumbai 2008

Teknisi tersebut menandai percakapan sebagai curiga dan menyerahkannya kepada atasannya. RAW percaya bahwa mereka khawatir dan segera memberi tahu kantor Penasihat Keamanan Nasional. Namun kecerdasan itu diabaikan. Kemudian, tepat setelah para teroris menyerang Mumbai, teknisi RAW mulai memantau enam telepon yang digunakan oleh para teroris dan merekam percakapan antara teroris dan penangan mereka.

Pada tanggal 15 Januari 2010, sebuah agen R & AW yang berhasil merebut operasi menangkap Sheikh Abdul Khwaja, salah satu penangan serangan 26/11, kepala operasi HuJI India dan tersangka teror yang paling dicari di India, dari Kolombo, Sri Lanka dan membawanya. Ke Hyderabad, India untuk penangkapan formal.
Share on Google Plus

About Jeliteng

0 komentar:

Posting Komentar