Operasi Intelijen yang Terkenal dan Tersukses, Tak Banyak Orang Tahu

1.Operasi Agen Mossad di Markas Hizbullah (Mossad-Israel)

Lambang Mossad

Kisah ini bermula dari penegasan Pemimpin Hizbollah Hassan Nasrallah pada 2009 untuk balas dendam atas tewasnya komandan sayap militer organisasinya, Imad Mughniyeh, dalam bom mobil di Damaskus, 12 Februari 2008.

Hizbullah menuding Israel di balik pembunuhan bom mobil Mughniyeh itu. Namun, secara resmi Israel membantahnya.
Pemimpin Hizbullah Lebanon Sayyed Hassan Nasrallah berbicara kepada pengikutnya melalui layar lebar dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad, di Beirut, Lebanon

Hizbullah pun memberi mandat operasi balas dendam pada Israel kepada kepala unit operasi eksternal. Media Lebanon menyebut, posisi itu dijabat Mohammad Shawraba.
Meski sebelumnya pernah mengakui ada penyusupan mata-mata, termasuk dua agen rahasia Badan Intelijen Pusat AS (CIA), markas Hizbullah jarang ditembus agen rahasia asing.

Menurut sejumlah analis, insiden penyusupan agen Mossad di markas Hizbullah tak lepas dari kian berkembangnya organisasi itu. Dari organisasi untuk melawan serangan Israel bentukan 1980, Hizbullah kini menjelma aktor nonnegara yang bisa mengirim ribuan personel pasukan ke Suriah, membantu Bashar al-Assad./ source: https://www.kaskus.co.id/thread/593505a198e31b52728b4569/operasi-intelijen-yang-terkenal-dan-tersukses-dan-belum-pernah-diketahui-banyak-orang/
Share on Google Plus

About Jeliteng

0 komentar:

Posting Komentar