Legenda Gunung Bancak Di Kalangan Masyarakat Magetan Jawa Timur


TRIBUNUSMISTERI - Gunung Bancak Magetan adalah suatu daerah perbukitan yang terletak di wilayah Kabupaten Magetan, tepatnya di perbatasan antara 3 wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Parang, Kecamatan Lembeyan, dan Kecamatan Kawedanan, tepatnya di Desa Giripurno.


Gunung Bancak menyimpan satu kisah yang sangat melegenda di kalangan warga Magetan.  Keberadaan Gunung Bancak dibuktikan dengan terdapatnya peninggalan sejarah berupa makam kuno. Warga sekitar sering menyebut makam sekitar Gunung Bancak tersebut dengan Kuburan Ratu/ Sarean Ratu. (Klik link www.mangunarsan.com)

Dahulu cerita orang tua, di dalam makam tersebut ada peninggalan dari jaman kerajaan berupa gentong dan kendi yang terbuat dari emas , tetapi sudah hilang karena dicuri orang.

Terlepas dari cerita semua itu, Sarean Ratu merupakan suatu peninggalan sejarah yang seharusnya tidak boleh dilupakan begitu saja.

Penduduk sekirar setiap tahun baru islam ( 1 Suro/Muharam ) selalu melaksanakan do'a bersama/ tahlilan di Sarean Ratu untuk mendoakan arwah arwah beliau yang tentunya untuk mengenang jasa jasa beliau kepada daerah tersebut.

Sehingga setiap tanggal 1 Suro di Sarean Ratu selalu ramai oleh para peziarah ataupun orang orang yang hanya berkunjung dan berlibur.


Jalan menuju Sarean Ratu sudah dibangun sejak masa Basofi Sudirman menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur sehingga bisa di akses dengan mudah memakai kendaraan roda dua, roda empat ataupun jalan kaki. Dengan sarana yang sudah bagus, warga masyarakat bisa menikmati pemandangan alam sekitar gunung bancak yang terkenal begitu indah.



Sumber: soendoel
Share on Google Plus

About Jeliteng

0 komentar:

Posting Komentar