Ini Salah Satu Penyebab Kepunahan Mamut (Mammouth)

Nenek moyang kita telah lama dituding sebagai penyebab berkurangnya Mamut dan sementara ini mungkin benar, penelitian baru telah mengusulkan bahwa mereka mungkin tidak melakukannya sendiri.

Manusia purba mengandalkan anjing peliharaan untuk membantu mereka memburu dan membunuh Mamut (Mammoth) kala itu.


Sementara menyelidiki bagaimana manusia purba berhasil mengurangi begitu banyak Mamut hanya berbekal senjata primitif pada waktu itu, antropolog Pat Shipman mengusulkan gagasan bahwa anjing peliharaan mungkin telah memberikan peran pendukung yang penting dalam praktek berburu Mamut.

"Anjing pemburu membantu mencari mangsa lebih cepat dan lebih sering, dan anjing juga dapat mengepung hewan besar dan menahannya di tempat dengan menggeram dan menyerang," katanya. "Kedua efek ini akan meningkatkan keberhasilan berburu."

Tahun lalu sebuah studi baru menentukan bahwa anjing telah dipelihara antara 18.800 dan 32.100 tahun yang lalu di Eropa, ditambah dukungan untuk gagasan bahwa mereka bisa membantu nenek moyang kita memburu Mamut.

"Jika bekerja sama dengan anjing pemburu untuk menangkap lebih banyak mangsa, memiliki asupan tinggi protein dan lemak, dan memiliki pengeluaran energi yang lebih rendah, tingkat reproduksi mereka kemungkinan akan meningkat," kata Shipman. (jon/doe)
Share on Google Plus

About Redaksi Tribunus-Antara

0 komentar:

Posting Komentar